Friday, June 5, 2015

Tips Cara Merawat Baterai dan Charger Laptop Agar Awet

Hoopwe.blogspot.com - Tips Cara Merawat Baterai dan Charger Laptop Agar Awet - Banyak pertanyaan apakah penting merawat baterai dan Charger laptop? jelas jawabannya mudah yaitu sangat penting dan di anjurkan sekali. Tujuannya agar baterai awet dan tidak mudah habis serta charger laptop yang menjadi lebih awet.

Untuk itulah ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga dan merawat baterai dan charger laptop supaya awet dan tetap terjaga. Karena dengan tidak adanya itu maka laptop tidak akan dapat berfungsi dengan normal. Adaptor atau Charger  laptop memang sangat penting tidak hanya Baterai laptop nya saja. Berikut ini adalah kita mulai dari cara merawat adaptor atau charger laptop.

Tips Cara Merawat Baterai dan Charger Laptop Agar Awet


1. Menggunakan Adaptor tidak Over

Maksudnya adalah ketika kamu menggunakan adaptor yang terlalu lama pada sebuah laptop maka akan merusak adaptor nya. Oleh karena itu ketika menggunakan laptop dan sedang melakukan pengisian baterai jangan sampai kita lupa untuk melepasnya. Kesalahan banyak di lakukan saat mengecas laptop hingga berjam-jam padahal kondisi baterai yang sudah penuh. Hal ini jelas akan merusak adaptor itu sendiri.

2. Tidak Menggulung Kabel

Kebiasaan orang yang suka menggulung kabel adaptor ternyata memiliki hal yang buruk untuk umur adaptor atau charger itu sendiri. Hal ini akan membuat putus kabel terutama pada bagian sambungan kabel pada adaptor itu sendiri.

3. Gunakan Stabilizer

Menggunakan Stabilizer adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan saat daya listrik di tempat anda sedang mengalami naik turun.

4. Charger Baterai Sebelum Habis

Asik bermain game atau browsing terkadang membuat lupa hingga akhirnya laptop yang di gunakan benar-benar mati. Hal ini sebenarnya tidak baik di karena kan Adaptor akan bekerja lebih keras dan membutuhkan daya yang kuat sehingga membuatnya lebih rentan rusak.

5. Ganti Adaptor Baru

Terkadang anda pernah mengalami masalah saat mengecas laptop yaitu Hidup matinya pengecasan. Hal ini di karena kan sudah tidak stabil nya adaptor anda dan di sarankan untuk menggantinya supaya tidak merusak baterai laptop dan juga mainboard laptop itu sendiri.


Tips Cara Merawat Baterai Laptop :

1. Merawat baterai laptop yang pertama adalah tetap menyisakan daya ketika laptop tidak di gunakan lagi. Setidaknya ada 40 % tersisa agar tetap membuat baterai laptop awet dalam jangka yang lama.

2. Hal yang kedua bisa anda terapkan adalah melepas baterai laptop saat di gunakan dalam jangka waktu yang lama keculai laptop anda memiliki fasilitas seperti auto cut-off listrik seperti laptop-laptop Macintosh dan Asus mereka akan memutus aliran listrik ketika baterai sudah penuh.

3. Kusus bagi baterai Lithium Ion atau biasa disebut Li-Ion, usahakan jangan sampai kehabisan daya sama sekali. Sisakan setidaknya 10-20 persen agar tidak merusak baterai laptop anda.

4. Anda bisa  berhenti menggunakan laptop saat baterai sudah panas. Maka dari itu hindari menggunakan laptop di ruangan atau tempat panas. Anda bisa bermain laptop dengan penambah kipas atau di ruang yang ber AC.

0 comments:

Post a Comment