Sunday, June 7, 2015

5 Tips Merawat Harddisk Eksternal

Hoopwe.blogspot.com - 5 Tips Merawat Harddisk Eksternal - Sebelum membahas bagaimana merawat harddisk eksternal mungkin anda juga sedang mengalami masalah flashdisk yang minta di format untuk panduan nya silahkan baca disini. Tidak di pungkiri lagi media penyimpanan eksternal yang praktis di bawa kemana-mana merupakan hal penting yang harus kita miliki.

Harddisk Eksternal merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas tinggi dengan harga yang mahal, jadi bila benda itu rusak begitu sayangnya sebab kita tidak bisa merawat dan menjaga supaya tetap awet. Untuk itulah beberapa tips ini mungkin bisa anda gunakan untuk merawat dan menjaga Harddisk Eksternal.

5 Tips Merawat Harddisk Eksternal

  1. Prosedur yang di berikan oleh pembuat sistem pada komputer pasti sudah sesuai. Misalnya sistem melakukan Safely remove hardware bila anda ingin harddisk eksternal awet dan tahan lama usahakan jangan mencabut langsung ketika harddisk eksternal masih terpasang karena dapat menyebabkan bad sector. Jika sudah bad sector mungkin umur harddisk eksternal tidak sesuai seperti yang sudah di standar kan oleh pabrik.
  2. Meletakkan harddisk eksternal di tempat yang tidak stabil dapat merusak nya karena piringan yang terganggu di dalamnya. Bila anda sedang menggunakan harddisk eksternal sebaiknya letakkanlah di tempat yang datar dan kokoh.
  3. Sebaiknya kita rutin untuk mengecek file harddisk kita harus bisa menata dengan baik jangan sampai ada file yang tidak berguna namun masih di simpan di dalam. Dengan begitu proses write maupun read akan lebih mudah bagi harddisk.
  4. Suhu yang terlalu panas pada harddisk eksternal juga mampu memperpendek umur penggunaannya. untuk mengantisipasi hal ini alangkah baiknya beri fan atau kipas dekat dengan harddisk eksternal itu sendiri.
  5. Virus merupakan penggoda harddisk untuk menjadi rusak oleh karena itu melakukan scan harddisk secara rutin dan teratur merupakan hal baik untuk merawat harddisk eksternal yang anda miliki. Kita tahu banyak antivirus yang bisa di gunakan seperti avast , avira dan lain sebagainya yang ada pada komputer anda.
Sekian tulisan saya tentang 5 Tips Merawat Harddisk Eksternal semoga cara dan tips ini dapat membuat harddisk eksternal anda awet tentunya akan lebih baik lagi bila tidak membeli harddisk eksternal untuk kedua kalinya.

0 comments:

Post a Comment